ticker

6/recent/Ticker-posts

Pasca Makam di TPU Cikutra Bandung Longsor, Distaru Kota Bandung Gerak Cepat Pasang Bronjong

 


BANDUNG, AZYNEWS- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Penataan Ruang (Distaru) langsung bergerak cepat menangani makam yang longsor di TPU Cikutra.

Namun kini, petugas di pemakaman tengah bekerja memasang bronjong dan membangun batasan menggunakan bambu dan karung berisi tanah di titik longsor.

Diketahui, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra, Kota Bandung mengalami longsor akibat diguyur hujan pada Rabu (10/11/2021) sore kemarin.

Kadistaru Kota Bandung, Bambang Suhari menyebut pihaknya melakukan pemasangan bronjong dengan tinggi 2-3 meter, dan panjang 30 meter.

“Jadi 30 meter (panjang bronjong) itu tidak semua tapi di pisah-pisah, dititik ini 15 meter dititik berikutnya gitu,” katanya pada Kamis (11/11/2021).

Pada tahap awal, akan dipasang rusuk-rusuk guna menahan pergeseran tanah pada saat hujan tiba.

“Kita sedang berupaya sekarang memasang dulu rusuk dulu, dibantu sama Dinas Pekerjaan Umum (DPU), dan nanti dilakuan pembatuan (bronjong),” tegasnya.

Bambang juga menyebut dari kejadian pergeseran tanah tersebut, ada 8 makam yang terancam rubuh.

“Ada 8 makam yang terancam, itu di blok E dan D, 4 sudah kita selamatkan dan itu ada di dua titik,” paparnya.

Adapun untuk makam yang menjorok ke aliran sungai di TPU Cikutra, Bambang mengaku sudah berkomunikasi dengan ahli waris untuk dilakukan pemindahan.

“Jadi kita akan coba musyawarahkan dengan ahli waris, bahwa makam-makam yang berada dekat dengan sungai kita akan minta izin untuk menyelamatkan makam keluarganya dilakukan pemindahan ke tempat yang lebih aman tapi di daerah yang sama (TPU Cikutra), dan itu sesuai dengan arahan Pak Wali Kota kepada kita (Distaru) untuk segera memindahkan makam-makam yang berada di dekat sungai,” tandasnya. (Red./Dodi S)

Posting Komentar

0 Komentar