ticker

6/recent/Ticker-posts

Gencar Lakukan Reformasi Birokrasi Fase Kedua, Pemprov Jabar Akan Sederhanakan 1.368 Jabatan Fungsional

 


BANDUNG, AZYNEWS- Pemprov Jabar bakal menyederhanakan birokrasi fase kedua pada Juni ini. Sebanyak 1.368 jabatan yang bakal disederhanakan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan penyederhanaan birokrasi fase kedua ini lebih banyak dibandingkan tahun 2021. Pada 2021, sebanyak 345 jabatan disederhanakan.

Setiawan mengaku awalnya penyederhanaan melalui jabatan pengalihan jabatan struktural menjadi fungsional itu fase kedua dilakukan Mei 2022. Namun, karena adanya musibah yang menimpa keluarga Gubernur Jabar Ridwan Kamil, penyederhanaan ini diundur.

"Tetapi kemungkinan di minggu ini atau depan untuk melakukan penyederhanaan birokrasi fase kedua. Jumlahnya 1.368 (jabatan), lebih banyak lagi (dibandingkan fase pertama)," kata Setiawan kepada awak media di Gedung Sate, Rabu (15/6/2022) Kemarin.

Setiawan berharap penyederhanaan birokrasi ini membuat jabatan fungsional di Jabar lengkap. Namun, ketika masih ada jabatan fungsional yang belum sesuai atau pas, maka masih bisa disesuaikan hingga akhir tahun ini. Hal ini sesuai dengan Instruksi Mendagri.

"Apabila kemarin masih ada belum pas, diberikan kesempatan sampai akhir Desember 2022 ini. Kita disesuaikan kembali, sesuai kompetensi masing-masing," kata Setiawan.

Setiawan mengatakan pada fase pertama dan kedua penyederhanaan birokrasi mayoritas berasal dari jabatan eselon IV. Pemprov Jabar menginventarisasi terlebih dahulu untuk menyesuaikan penyederhanaan di eselon dua dan tiga.

"Kepala bagian, kemungkinan akan disederhanakan. Ada jenis jabatan baru akan menggantikan fungsi pengelolaan administrasi dan keuangan, yaitu Kabag TU," kata Setiawan. (Red./Dodi S)

Posting Komentar

0 Komentar