ticker

6/recent/Ticker-posts

Uji Layak Pesawat di Lanud Husein Sastranegara


BANDUNG,AZYNEWS- 
 Pesawat jenis Cessna terbakar di pangkalan angkatan udara (Lanud) Husein Sastranegara, Bandung, Kamis (7/7/2022).

Khawatir pesawat meledak, petugas dari bandara dan pemadam kebakaran pun bergegas ke lokasi terbakarnya pesawat tersebut, tepatnya di bagian belakang hangar Bandung Pilot Academy (BPA) pada Kamis (7/7/2022).

Namun selain pesawat, bagian hangar pun ternyata ikut terbakar. Petugas pemadam pun sebagian terpaksa menggunakan baju tahan panas berwarna perak.

Skenario Latihan Partial Exercise

Namun perlu diketahui, situasi ini merupakan skenario dalam latihan Partial Exercise Lanud Husein Sastranegara dan Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 9.00 – 12.00 WIB dengan mensimulasikan penanganan kebakaran pesawat serta evakuasi awak pesawatnya.

Adapun fungsi koordinasi, komunikasi, komando serta sinkronisasi antar unit dan instansi dilatih dan diuji sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara (Airport Emergency Plan), Dokumen Program Keamanan Bandar Udara (Airport Security Programme) serta Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di bandara.

Danlanud Husein Sastranegara, Kolonel (Pnb) I Gusti Putu Setia Darma menegaskan bahwa latihan atau partial exercise ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan satu kali dalam setiap tahunnya.

Tujuannya, untuk menguji keterampilan personel dalam operasi pertolongan pemadaman dan evekuasi serta menguji keterampilan dalam penggunaan alat pertolongan pemadam dan evakuasi.

“Ini kegiatan tahunan, pada masing-masing anggota dapat mengukur kemampuan diri, sejauh mana penguasaan dari materi yang akan diterpkan di lapangan, tentunya ini akan diterapkan pada kondisi yang tidak diharapkan di Bandara dan Lanud Husein Sastranegara,” jelas Putu.

“Dalam latihan ini juga ada beberapa tim penilai untuk melihat apa kekurangannya, kemudian kita perbaiki. Intinya, ketika terjadi, semuanya sudah siap dengan penanganan terbaik dari kita,” imbuhnya.

Sementara Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, Cin Asmoro juga menyebut bahwa latihan evakuasi pesawat Cessna yang terbakar ini adalah untuk menguji prosedur dan fasilitas yang sudah dituangkan dalam dokumen.

“Jadi, latihan sesuai ketentuan dilaksanakan satu tahun sekali, pada kali ini kegiatannya di depan kantor BPA dan pesawat Cesna yang terbakar. Kita uji kesiap siagaannya dan nanti kita evaluasi,” jelas Cin Asmoro.  (Red./Waskito)

Posting Komentar

0 Komentar