ticker

6/recent/Ticker-posts

Antisipasi Kemacetan Jelang Mudik Lebaran 2023, Wapres RI Ma’ruf Amin: Pemudik Tidak Boleh Berlama-lama di Rest Area, Harus Gantian

 


AZYNEWS-  Mudik menjadi salah satu tradisi yang dinanti-nanti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Terkait hal itu, pemerintah memprediksi akan ada peningkatan pemudik pada Lebaran 2023 ini.

Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin pun memaparkan sejumlah langkah pemerintah mengantisipasi kemacetan menjelang mudik Lebaran 2023.

Wapres mengatakan sejumlah infrastruktur, petugas, dan sistem terkait pengaturan lalu lintas mudik Lebaran telah disiapkan, salah satunya rest area.

Namun pemerintah mengimbau agar pemudik tidak terlalu berlama-lama di rest area, dan bergantian dengan pemudik lainnya. Hal itu agar tidak terjadi penumpukan di rest area.

“Soal mudik, pemerintah sudah antisipasi dari jauh-jauh hari tentang masalah infrastruktur, sudah dibenahi semua dan kemungkinan terjadinya kemacetan di rest area sudah diantisipasi, sehingga tidak boleh lama orang di rest area itu selain nanti bergantian,” kata Ma’ruf, Selasa (11/4/2023) Kemarin.

Wapres juga meminta jalan yang telah siap digunakan tetapi belum diresmikan, agar segera beroperasi.

“Yang jalan-jalan sudah siap tidak usah menunggu adanya upacara peresmian, buka semua,” ujarnya.

Wapres menyebut bahwa pemerintah juga telah menyiapkan pemantauan udara sehingga dapat memantau jalan yang mengalami kemacetan dengan mudah.

“Juga ada pemantauan secara lebih masif melalui udara, sistem informasi udara sehingga bisa dilihat dimana terjadi kemacetan, dilakukan upaya-upaya mengurai sehingga kemacetan itu tidak ada,” kata Ma’ruf Amin.

“Itu sudah disiapkan antisipasinya, memang petugasnya disiapkan dan sistem di daerah sudah dilakukan,” pungkasnya. (Red./Alin)

Posting Komentar

0 Komentar