ticker

6/recent/Ticker-posts

Kepulan Asap 'Misterius' Keluar dari Tanah, Diskar PB Hingga PLN Kota Bandung Turun Tangan

 


BANDUNG, AZYNEWS- Warga yang tinggal di Komplek KPAD, Jalan Holis, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung dihebohkan dengan kemunculan asap misterius dari dalam tanah pada Jumat (28/4/2023) lalu.

Letak munculnya kepulan asap berwarna putih itu berada tidak jauh dari rumah warga dan jalan utama. Posisinya ada dibelakang tiang listrik dan Telkom yang ada di jalan itu.

Kemunculan asap itu buat geger warga hingga petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung datang ke TKP. Selain itu, petugas Satpol PP dan Bhabinkamtibmas Polsek Bandung Kulon berjaga di TKP.

Petugas Diskar PB Kota Bandung tidak langsung melakukan pemadaman setibanya di TKP. Namun Diskar PB Kota Bandung berkoordinsai dengan pihak PLN karen dikhawatirkan ada kabel listrik yang terbakar.

Petugas PLN pun tiba di TKP tidak lama setelah dihubungi, salah satu petugas langsung mengecek kabel yang ada di atas tiang. Tanaman merambat yang tumbuh di tiang tersebut langsung dibersihkan dan terungkap jika sumber masalah utama ada pada tanaman tersebut.

Akibat tanaman tersebut, kabel yang ada di dalam tanah di jalan tersebut panas sehingga memunculkan asap. Namun hal itu dikatakan petugas PLN aman. Betul saja, setelah tanaman liar itu dibersihkan, asap berangsur mengecil.

Lurah Warung Muncang Yusup mengatakan, dari hasil penelusuran petugas PLN, asap itu muncul dari kabel yang tertanam di dalam tanah. Asap muncul karena kabel mengalami panas.

"Penyebabnya ada kabel besar di atas yang bersatu dengan tiang, karena ada pohon (tanaman) yang merambat jadi mengakibatkan terjadi panas di bawah (di bawah tanah) di ground dan itu biasanya suka mengeluarkan asap," kata Yusup, Jumat (28/4) di lokasi kejadian.

Dalam kejadian ini, petugas PLN juga langsung membersihkan tanaman liar yang merambah dan memenuhi kabel yang ada di tiang listrik di lokasi kejadian.

"Ya menurut PLN sudah ditangani, aman, sudah beres," tambahnya.

Yusup mengungkapkan, kejadian ini sempat membuat warga khawatir. Beruntung sudah ditangani dan dinyatakan aman. Yusup meminta kepada PLN agar melakukan pemeliharaan tiang listrik dan kabel yang ditumbuhi tanaman liar. Ia meminta agar PLN rutin membersihkan.

"Saya sampaiakan harusnya ada pemeliharaan rutin dari pihak PLN dan saya minta dilakukan pemagaran supaya terlokalisir untuk aktivitas warga ya, mudah-mudahan PLN bisa realisasiakan ini," ujarnya. (Red./Alin)

Posting Komentar

0 Komentar