ticker

6/recent/Ticker-posts

Presiden RI Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu di Terowongan Kembar

 


BANDUNG, AZYNEWS- Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal meresmikan pembukaan seluruh ruas jalan Tol Cisumdawu hari ini, Selasa (11/7/2023). 

Namun lokasi peresmian dari yang awalnya akan dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Ujungjaya Utama menjadi dipindah ke Twin Tunnel atau Terowongan Kembar.

"Pindah-pindah ke Twin Tunnel," terdengar suara salah seorang petugas yang sedang berbicara di balik handy talky.

Hal itu sontak membuat sibuk para petugas yang telah bersiap sejak pagi di GT Ujungjaya Utama.

Sekitar pukul 08.14 WIB, sejumlah orang tampak bergegas menuju kendaraannya untuk beralih ke lokasi Terowongan Kembar.

Sejumlah anak-anak SD dan SMP yang sedianya telah bersiap menyambut kedatangan presiden pun tampak dijemput oleh beberapa angkutan kota (angkot). Para petugas dari berbagai unsur pun tampak disibukkan dengan berubahnya lokasi peresmian.

Sementara itu, setibanya detikJabar di Terowongan Kembar atau lokasi tempat akan berlangsungnya peresmian, tampak kesibukan para petugas yang tengah mempersiapkan segala sesuatunya di lokasi peresmian sekaligus menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.

Hal itu mengingat bahwa ruas jalan tol di Terowongan Kembar sudah aktif dioperasikan dan bertarif. Tampak di lokasi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang tiba di lokasi sekitar pukul 08.55 WIB.

Saat ditanya detikJabar terkait alasan beralihnya lokasi peresmian, Basuki mengatakan kemungkinan presiden ingin suasana baru saat melaksanakan peresmian.

"Mungkin ingin lihat di sini yang hijau, pokoknya ingin yang lain saja, biasanya kan di depan gerbang tol sekarang mungkin ingin yang lain saja," ungkapnya.

Basuki mengaku telah mengetahui terkait kepindahan lokasi peresmian dari sejak pukul 04.00 WIB. Ia pun membantah saat ditanya wartawan apakah tidak ada koordinasi dengan pihak PT.CKJT.

"Sudah (sudah ada koordinasi)," ucapnya.

Basuki memaparkan, sebelum meresmikan, Presiden Joko Widodo yang mendarat dari Bandara Kertajati rencananya akan mengunjungi salah satu pasar di Sumedang terlebih dulu.

"Beliau (Jokowi) mendarat di Kertajati sudah itu biasanya ke pasar dulu untuk mengecek harga-harga, setelah itu masuk Gerbang Tol Cimalaka kemudian menuju ke lokasi peresmian," terangnya.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah elemen dari berbagai unsur masih menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui, sebelumnya dari total panjang sekitar 62 kilometer, Tol Cisumdawu yang sudah benar-benar beroperasi atau bertarif yaitu dari mulai Gerbang Tol (GT) Cileunyi hingga GT Cimalaka atau dari Seksi 1 hingga Seksi 3.

Sementara dari GT Cimalaka hingga GT Utama Ujungjaya atau Seksi 4, Seksi 5 hingga Seksi 6 belum dioperasikan secara normal. Ruas tol tersebut sempat dioperasikan secara fungsional hanya pada saat menghadapi arus mudik 2023 kemarin. Hal itu lantaran ada beberapa titik yang masih dalam progres pembangunan.

Dengan diresmikannya pembukaan Tol Cisumdawu dari seksi 1 hingga seksi 6 maka terhubung sudahlah ruas Tol Cisumdawu hingga tembus menuju akses Tol Cipali di Junction Dawuan yang berlokasi di KM 152 Tol Cipali. (Red./Raysha)



Posting Komentar

0 Komentar