ticker

6/recent/Ticker-posts

Antara Kebutuhan dan Gengsi, Sewa iPhone yang Digandrungi Remaja Hingga Pelajar SD di Kota Bandung

 


BANDUNG, AZYNEWS- iPhone menjadi brand ponsel pintar yang banyak dipilih Generasi Z atau Gen Z saat ini. Selain kecanggihan fitur-fiturnya, menggenggam iPhone di tangan memberi nilai lebih bagi penggunanya.

Bahkan sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) menyebut jika gen Z merasa malu ketika menggunakan ponsel pintar jenis Android. Oleh karena itulah, iPhone laris manis di pasaran, termasuk di Indonesia.

Demi bisa menggenggam iPhone, mereka bahkan rela menyewa meski dengan batas waktu. Dengan menyewa, para gen Z ini tak perlu merogoh kocek jutaan rupiah demi iPhone. Mereka cukup membayar ratusan ribu saja demi memenuhi hasratnya itu.

Fania Aulia Salsabila, perempuan 21 tahun asal Bogor punya pandangan sendiri akan tren sewa iPhone. Fania yang menggeluti bisnis sewa iPhone itu mengungkapkan, rata-rata mereka gang menyewa ponsel buatan Apple Inc itu punya berbagai alasan.

Fania yang punya toko sewa iPhone di Bandung ini mengatakan pelanggannya mayoritas menyewa iPhone untuk kebutuhan dokumentasi. Sebab, kualitas kamera pada iPhone dianggap lebih jernih dibanding ponsel lainnya.

"Kalau untuk di Jakarta, Bogor ya banyaknya untuk dokumentasi konser, di Bandung juga buat dokumentasi liburan," kata Fania, Sabtu (19/8/2023).

Meski begitu, ada juga mereka yang menyewa untuk sekedar gengsi. Fania mengetahui hal itu dari perilaku penyewa yang menginginkan tipe dan warna iPhone sama, saat repeat order (penyewaan berulang).

"Tapi yang gengsi ada aja. Dia sewa pertama kali warna biru, nah sewa lagi masih mau warna biru juga gitu. Mau yang sama, mungkin kayak sudah dikasih liat ke temennya, jadi mau yang sama," ungkap Fania.

Meski begitu, dari sekian banyak penyewa iPhone kepada Fania, menurutnya mereka yang memang menyewa untuk keperluan dokumentasi punya presentase lebih besar.

"Mereka paling untuk foto-foto atau video aja," ujarnya.

Fania sendiri menyewakan berbagai tipe iPhone, mulai dari keluaran terbaru yakni iPhone series 14, hingga keluaran terdahulu seperti iPhone XR. Untuk tarifnya, dibanderol seharga Rp 100-450 ribu per hari.

Tiga tahun menggeluti bisnis sewa iPhone, Fania menuturkan minat masyarakat untuk menyewa ponsel pintar tersebut terus naik. Selain iPhone, dia berencana untuk menyediakan unit lain seperti Android dengan brand yang kalah dengan iPhone.

"Next ke depan pengennya nambah Android sih, kan Samsung juga yang baru S23 Ultra itu. Tapi belum banyak yang minat, lihat pasar dulu kalau banyak yang cari kita adain," pungkasnya. (Red./Annisa)

Posting Komentar

0 Komentar