ticker

6/recent/Ticker-posts

Desak Pemerintah Batalkan Proyek Eco City, Aliansi Warga Jabar Gelar Aksi Bela Rempang 209

 


BANDUNG, AZYNEWS- Massa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Masyarakat Jabar Bela Rempang menggelar aksi demonstrasi di Jalan Asia Afrika depan Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa (26/9/2023) kemarin pada pukul 17.30 WIB. Aksi ini digelar sebagai bentuk solidaritas bagi masyarakat Rempang di Batam yang sedang mengalami konflik agraria.

Aksi ratusan massa ini dimulai dari Gedung Sate dengan menggelar longmarch ke Gedung Merdeka. Massa berjalan kaki membawa dukungan untuk masyarakat Rempang.

"Aksi ini digelar oleh berbagai komponen masyarakat. Kami tergabung dalam Persatuan Aksi Masyarakat Bela Rempang kita mendukung perjuangan masyarakat Rempang untuk mengusir investor," kata kordinator aksi Asep Syaripudin.

"Karena mereka tidak memberdayakan warga, kita menolak kedzaliman, Rempang itu Indonesia. Ini nggak fair, bermasalah dan harus dibela," imbuhnya.

Asep menuturkan, dalam aksi itu ada beberapa tuntutan yang diminta oleh massa. Salah satunya, yakni meminta pemerintah membatalkan proyek strategis nasional Rempang Eco-City.

"Mendesak pemerintah batalkan proyek Rempang Eco-City. Mengembalikan hak (warga) Rempang, mereka tinggal ratusan tahun di sana, kalau belum ada sertifikat ya permudah dan penanganan harus humanis," tegasnya.

Dia juga mengungkap alasan aksi digelar di Gedung Merdeka. Menurutnya gedung tersebut merupakan simbol perlawanan terhadap penjajahan. "Ini kan simbol pemerintah pusat di Bandung dan spirit Gedung Merdeka adalah perlawanan penjajahan," ujarnya.

Lebih lanjut, Asep mengatakan Kesatuan Aksi Masyarakat Jabar Bela Rempang akan terus berjuang bersama masyarakat Rempang hingga keadilan atas konflik agraria di sana terselesaikan. "Kita akan terus berupaya agar tidak terjadi pembangunan," tutup Asep. (Red./Raysha)

Posting Komentar

0 Komentar