ticker

6/recent/Ticker-posts

Gempa Terkini Magnitudo 3,8 Guncang Kabupaten Bandung

 


BANDUNG, AZYNEWS- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,8 guncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gempa tersebut diakibatkan aktivitas sesar Garsela. Getaran gempa pun terasa hingga wilayah Kabupaten Garut.

Informasi yang diterima detikJabar daei BMKG, kejadian ini terjadi, Senin (4/9/2023) sekitar Pukul 12.43 WIB. "Kabupaten Bandung dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik," kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hartanto, Senin (4/9/2023).

Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnetudo 3,8. Episenter terletak pada koordinat 7.38 LS dan 107.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 39 kilometer Tenggara Kabupaten Bandung-Jabar pada kedalaman dua kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Garsela," ungkapnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cisewu, Pakenjeng, Pangalengan dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran juga terasa seakan-akan ada truk berlalu di Ciwidey, Cikajang, Cibereum, Soreang, Kopo dengan Skala Intensitas II-III MMI.

"Getaran juga dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Cikalong Cimaung Cidaun dengan Skala Intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkapnya.

Hingga Pukul 13.20 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," pungkasnya. (Red./Annisa)

Posting Komentar

0 Komentar