ticker

6/recent/Ticker-posts

BMKG Ungkap Penyebab Kota Bandung Terasa Lebih Panas

 


BANDUNG, AZYNEWS- Cuaca di Bandung Raya akhir-akhir ini cukup panas. Terutama pada siang hari terasa lebih panas dari biasanya. Bahkan cuaca panas juga terjadi hampir di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta.

Hal ini pun dibahas oleh Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Muhammad Iid. Ia menyebut suhu maksimal yang tercatat terjadi di Bandung ada di angka 34 derajat celcius.

Ia memaparkan bahwa ini merupakan hal normal pada musim kemarau. Pasalnya, tidak ada tutupan awan, yang menyebabkan radiasi panas matahari ke bumi menjadi lebih terik.

“Memang ada kenaikan (suhu) ini hal yang wajar saat musim kemarau tutupan awal relatif lebih sedikit sehingga radiasi yang sampai ke permukaan bumi lebih tidak ada halangan,” ungkapnya.

Iid juga menjelaskan bahwa saat ini sedang ada fenomena equinox di mana matahari tengah berada tepat berada di sekitar garis equator.

“Memang dalam satu minggu ke belakang ini yang paling tinggi di tanggal 26 September kemarin tercatat di angka 34 derajat celcius,” katanya.

Ia memprediksi kondisi ini bakal berlangsung hingga Oktober mendatang, sebelum musim hujan tiba.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan, meningat kondisi cuaca pada siang hari yang lebih terik. Terlebih saat ini masih dalam fase musim kemarau dan kekeringan.

Lebih lanjut Iid mengatakan, BMKG pun mengimbau masyarakat dan pemerintah untuk mengantisipasi kondisi kekeringan dan potensi kebakaran hutan dan lahan, serta harus memperhatikan kondisi lingkungan. (Red./Alin)

Posting Komentar

0 Komentar