ticker

6/recent/Ticker-posts

Sumedang Kembali Diguncang Gempa M 3,1 Kedalaman 7 Km

 



BANDUNG, AZYNEWS- Kabupaten Sumedang diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 3,1 pada Senin (8/1/2024) siang, pukul 14.02 WIB.

Hasil analisa BMKG, gempa tektonik ini terletak pada koordinat 6.81 lintang selatan dan 107.95 bujur timur atau berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada kedalaman 7 kilometer.

Peristiwa ini menambah catatan gempa yang terjadi di awal tahun 2024 di Kabupaten Sumedang. Tercatat sejak 31 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024 pukul 14.11 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan sudah terjadi 20 aktivitas kegempaan di wilayah Sumedang.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumedang," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto.

Dampak gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cimalaka dan Sumedang Utara dengan Skala Intensitas II - III MMI atau hanya dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," lanjut Hartanto

BMKG juga mengimbau agar masyarakat memantau informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (Red./Waskito)

Posting Komentar

0 Komentar