ticker

6/recent/Ticker-posts

Bulog Pastikan Stok Beras di Kota Bandung Aman, Namun Harga Masih Melambung Tinggi

 


BANDUNG, AZYNEWS- Ketersediaan dan juga harga beras kini sedang menjadi perbincangan karena adanya laporan kelangkaan beras di beberapa retail hingga melonjaknya harga beras di pasaran. 

Kepala Bulog Cabang Bandung, Erwin Budiana menyebutkan berdasarkan pemantauan langsung di pasar harga beras memang masih stabil namun di angka yang tinggi. 

"Kita Bulog terus berupaya mengintervensi harga," ungkapnya.

Secara aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium adalah Rp10.900 per kg, sementara HET beras premium adalah Rp13.900 per kg.

Namun kini harga beras medium maupun premium sama-sama telah melewati HET. 

Erwin memaparkan, untuk stok beras di tiga gudang Bulog sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan beras di Bandung Raya dan Sumedang. 

"Terkait ketersediaan beras di gudang kami memang Bulog Bandung punya tiga gudang pertama di Gedebage, kedua di Cimindi, ketiga di Paseh Sumedang. Nah secara ketersediaan di tiga gudang tersebut bisa dibilang sangat aman," jelasnya.

Saat ini, dari ketiga gudang itu Bulog memiliki stok lebih dari 9.000 ton. 

Beras yang ada di gudang Bulog tersebut akan disalurkan untuk kebutuhan bantuan pangan beras dan juga untuk penyaluran stabilisasi harga dan pasokan pangan (SPHP) di bulan Februari ini. 

"Untuk bantuan pangan beras itu ada 7.400 ton. Nah untuk beras SPHP kita ditargetkan bulan Februari ini ada 1.500 ton," terangnya. 

Untuk pemenuhan bulan berikutnya, Bulog Bandung akan memenuhi kebutuhan dari kantor Bulog lainnya yang merupakan Bulog Produsen. (Red./Dodi S)

Posting Komentar

0 Komentar