ticker

6/recent/Ticker-posts

Taklukan Korea Selatan Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024

 


AZYNEWS- Timnas Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala Asia (AFC) U-23 setelah menaklukkan Korea Selatan lewat drama adu penalti. Indonesia menjadi negara kedua dari Asia Tenggara yang pernah lolos ke babak semifinal.

“Indonesia menjadi negara kedua ASEAN yang lolos ke semifinal setelah Vietnam, Vietnam lolos itu pada 2018,” kata pengamat sepakbola, Jumat (26/4/2024).

Indonesia sendiri baru pertama kali lolos ke semifinal AFC U-23 setelah berganti nama dari sebelumnya pra Olimpiade. Sebelumnya, Indonesia pernah lolos Olimpiade 1956 di Australia dan hampir lolos ke Olimpiade 1976.

“Ini kan AFC U-23 ini kan ajang baru pengganti pra Olimpiade, sepanjang pergantian nama ini lah Indonesia pertama kali lolos ke semifinal. Namun untuk namanya masih pra Olimpiade, misalnya pada Olimpiade 1956 kita lolos Olimpiade. Kemudian pada 1976 pra Olimpiade kita kalah di final wilayah kalah dengan Korea Utara, andai kata Indonesia mengalahkan Korea Utara saat itu maka lolos ke Olimpiade,” ucapnya.

Untuk lolos otomatis ke Olimpiade, Timnas Indonesia harus mampu masuk final AFC U-23. Di semifinal, Indonesia akan melawan pemenang dari laga Uzbekistan vs Arab Saudi.

Dengan lolos ke semifinal, Indonesia sendiri sudah mengamankan babak play-off Olimpiade 2024 di Francis. Penantian 68 tahun tidak bermain di Olimpiade dinilai dapat terpenuhi dari timnas saat ini.

“Ini kita sambut dengan positif, artinya STY sudah berhasil membuktikan memiliki prestasi untuk timnas dan tinggal selangkah lagi untuk lolos otomatis ke Olimpiade, artinya penantian selama 68 tahun Indonesia nggak bertanding di Olimpiade sepakbola akan terpuaskan, biarpun sebenarnya Indonesia untuk play-off sudah lolos,” ujarnya.

Para pemain Indonesia dinilai memiliki mentalitas yang kuat dan mampu beradaptasi dengan berbagai situasi. Pemain Indonesia juga dinilai tidak takut saat berhadapan dengan tim sekelas Korea Selatan tadi malam.

“Dari pertandingan semalam bisa kita lihat ada perbedaan, mental juara Indonesia terlihat semalam ketika adu penalti, pemain Indonesia siap menghadapi situasi-situasi terjepit. Para pemain Indonesia juga terlihat tidak gentar menghadapi pemain Korea, selama ini kan ada kesan kalau melawan tim kuat pemain Indonesia baru masuk lapangan saja udah kayak ayam dipotong,” bebernya.


Meskipun demikian, semoga para pemain tidak terlena atas kemenangan tadi malam. Timnas Indonesia harus fokus di laga semifinal demi mengamankan tiket Olimpiade 2024 di Francis.

“Kita berharap pemain timnas tidak terlena dengan euforia kemenangan kemarin dan bersiap untuk fokus di partai berikutnya dan yang pasti kita harapkan penantian untuk berlaga di Olimpiade bisa terpenuhi,” tutupnya.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Hal itu diraih usai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2(10)-2(11) lewat adu penalti.

Drama adu penalti dilakukan setelah Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Korea Selatan. Gol Indonesia dicetak oleh Rafael Struick di menit ke-15 dan menit ke-45+5. (Red./Annisa)


Posting Komentar

0 Komentar