ticker

6/recent/Ticker-posts

MenPAN-RB Minta Pelayanan Publik di Jabar Tiru Negara Azerbaijan

 


BANDUNG, AZYNEWS- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas meminta agar aktivitas layanan publik di Jawa Barat dipermudah. Salah satunya dengan cara menghadirkan mal pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Anas usai menghadiri Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (9/6/2023) Kemarin.

Anas mendorong agar kabupaten/kota di Jawa Barat mulai memikirkan untuk menyediakan mal pelayanan publik, tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam hal memberikan pelayanan dalam satu tempat.

"Kita sama-sama pak gubernur mendorong untuk mal pelayanan publik di tingkat kabupaten kota untuk segera tumbuh," kata Anas.

Anas menegaskan, untuk menyediakan mal pelayanan publik, pemerintah tak harus mendirikan bangunan baru. Sebab kata dia hal itu bakal membebankan anggaran. Dia pun menganjurkan agar mall pelayanan publik bisa memanfaatkan tempat yang ada.

"Dan kami sampaikan ke pak gubernur, gedung itu nomor dua. Kadang kita terjebak di pembangunan gedung, jadi gedung yang ada tinggal diperbaiki dan yang penting layanannya terintegrasi memudahkan rakyat," tegasnya.

Selain mal pelayanan publik, Anas juga mengharapkan agar Pemprov Jabar bisa meniru pelayanan yang ada di Azerbaijan. Menurutnya di negara tersebut, pelayanan publik bahkan diberikan dengan memanfaatkan moda transportasi kereta api.

"Nah kalau di Azerbaijan selain ada mobil keliling, ada juga kereta api keliling. Nah kalau perlu Pemprov Jabar memberikan layanan menggunakan kereta, contohnya di Cimahi atau di Bekasi setiap hari apa, itu keren. Dan yang terakhir dengan HP yaitu digital service," tandasnya. (Red./Septian)


Posting Komentar

0 Komentar