ticker

6/recent/Ticker-posts

Pemprov Jabar Akan Usulkan Nama untuk Posisi Pj Sekda

 


BANDUNG, AZYNEWS- Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih mencari sosok Sekretaris Daerah (Sekda) baru. Sebelum menentukan sekda definitif, Pemprov Jabar bakal mengajukan satu nama untuk diusulkan menjadi Penjabat (Pj) Sekda.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar Sumasna mengatakan, proses asesmen kandidat calon sekda dilakukan langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI.

"Kemarin kita dapat arahan untuk asesmen dilakukan oleh BKN. Nah BKN itu ada jadwal yang mengatur, jadi kita menunggu pemberitahuan kapan jadwalnya Pemprov Jabar untuk asesmennya," kata Sumasna saat dikonfirmasi, Rabu (27/9/2023) kemarin.

"Pj (gubernur) juga masih melakukan konsultasi beberapa hal terkait pengisiannya. Kita masih menunggu. Nanti kalau ada info kepastian baik dari KASN dan BKN itu mungkin nanti kita bisa update," sambung Sumasna.

Dia menjelaskan, sembari menanti proses asesmen, kemungkinan posisi Sekda akan diisi oleh Pj. Menurutnya Pemprov Jabar bakal mengusulkan satu nama kepada Kemendagri sebagai Pj Sekda.

Sumasna menjelaskan, nama yang bakal diusulkan menjadi Pj Sekda harus berasal dari pejabat struktural eselon II A. Sementara nama Setiawan Wangsaatmaja yang kini menjabat sebagai Plh Sekda, adalah pejabat fungsional.

"Potensi Pj ada tapi harus dari Eselon II A struktural kalau dari Pj Sekda. Dalam hal ini Pak Iwan (Setiawan) fungsional, nah ini masih menunggu respons dari Jakarta," jelasnya.

Lebih lanjut, Sumasna menuturkan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin akan mengusulkan satu nama ke Kemendagri. Jika disetujui dalam waktu lima hari, nama tersebut bisa langsung dilantik sebagai Pj Sekda.

"Jadi persyaratan ditetapkan. Usulan satu. Jadi satu nama terus turun dalam bentuk rekomendasi, bukan usulan. Karena yang melantik tetap Gubernur," ungkap Sumasna.

Masih kata Sumasna, terkait 10 nama yang diseleksi Pemprov Jabar sebagai kandidat sekda saat ini masih berproses. Karena itulah, Pemprov ingin mengusulkan satu nama sebagai Pj Sekda sesuai dengan Perpres Nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekda.

"Kalo 10 kandidat itu untuk proses seleksi sekda definitif, sementara sekarang masih proses. Kalo untuk Pj Sekda, sesuai Perpres 3 2018 diangkat oleh Gubernur setelah persetujuan Mendagri, usulan permintaan persetujuan cukup 1 orang," tutup Sumasna.

Sebelumnya, Pemprov Jabar diketahui telah menyeleksi 10 nama sebagai kandidat sekda definitif sebelum nantinya hasil seleksi itu akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Rencananya ada 10 besar di kita dulu, lalu ada proses wawancara dan lain sebagainya, nanti akan terpilih tiga dan dikirimkan ke Presiden," kata Setiawan dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023) lalu. (Red./Raysha)

Posting Komentar

0 Komentar