ticker

6/recent/Ticker-posts

RSUD Otista Soreang Bandung Siap Tampung Caleg Depresi Pasca Pemilu

 


BANDUNG, AZYNEWS- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oto Iskandardinata (Otista) berencana menyiapkan ruangan bagi calon anggota legislatif (caleg) yang stres atau depresi pasca pemilihan. Hal tersebut dilakukan berkaca dari beberapa daerah yang terjadi kasus tersebut

"Jadi untuk otista sebetulnya kalau dipaksakan kita bisa menyiapkan (ruangan khusus) di lantai dasar di bawah ya kita liat aja. Insyaallah dari mengharuskan harus siap kita akan siap," ujar Dirut RS Otista Yani Sumpena Muchtar, Kamis (16/11/2023) lalu.

Yani mengungkapkan bagi para penderita kejiwaan harus memiliki ruangan khusus. Pasalnya pasien tersebut biasanya dapat mengganggu pasien lainnya.

"Jadi gini kalau penyakit jiwa itu harus terpisah dari penyakit lain, gak bisa kita di dalam satu gedung gitu, jika harus terisolasi karena kan dia teriak-teriak dia macem-macem lah bisa mengganggu kondisi pasien lain lah," katanya.

Pihaknya menyebutkan saat ini masih mencoba berkoordinasi dengan Pemprov Jabar dan Kemenkes. Sehingga jika terdapat arahan secara langsung bisa langsung disediakan.

"Kita ini kan ada dibawah pembinaan provinsi atau menkes, menurut mereka kita harus siapin yang kita akan siapin. Tapi sejauh ini kita dari provinsi belum ada arahan," jelasnya.

Menurutnya RSUD Otista saat ini memiliki dokter khusus kejiwaan. Namun biasanya yang mengaharuskan untuk rawat inap masih terbilang jarang.

"Kalau stres-stres kan tingkatannya lain gitu ya. Tidak semua stres juga bisa di rawat, kecuali kalau tingkatannya sudah memang harus pengobatannya di rawat," ucapnya. (Red./Annisa)

Posting Komentar

0 Komentar